KODE ETIK MITRA USAHA LAMARIZK

Anda sedang berada disini:
/
Kode Etik Mitra Usaha LAMARIZK

KODE ETIK MITRA USAHA LAMARIZK

diperbarui dan efektif mulai 30 Juli 2022.

KODE ETIK MITRA USAHA LAMARIZK​

BAB I 
KETENTUAN UMUM

Pasal 1 
Maksud dan Tujuan

Peraturan dan kode etik perusahaan ini dibuat sebagai aturan dan pedoman bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis LAMARIZK dengan maksud dan tujuan sebagai berikut:

  1. Menjelaskan dan mengatur hubungan antara perusahaan dan Mitra Usaha
  2. Menjaga dan melindungi kepentingan perusahaan dan Mitra Usaha
  3. Menjelaskan mengenai peraturan dan etika yang harus ditaati dalam menjalankan bisnis LAMARIZK
  4. Menyatakan dan mengatur hak, kewajiban tugas dan tanggung jawab Mitra Usaha dalam menjalankan bisnis LAMARIZK
  5. Mengatur dan melindungi kepentingan hukum perusahaan dan Mitra Usaha, dari tindakan Mitra Usaha yang dapat menyebabkan dan atau berpotensi menyebabkan timbulnya kerugian terhadap perusahaan dan atau terhadap Mitra Usaha lain.
 

Semua Mitra Usaha LAMARIZK secara otomatis terikat dengan segala ketentuan yang ada dalam kode etik dan peraturan perusahaan LAMARIZK. Selanjutnya kode etik dan peraturan perusahaan ini akan digunakan sebagai peraturan dan pedoman Mitra Usaha dalam menjalankan bisnis di LAMARIZK.

 

Pasal 2
Definisi

Untuk memberikan pengertian dalam memahami peraturan dan kode etik di LAMARIZK, perlu diberikan penjelasan tentang istilah yang dipergunakan sebagai berikut:

    1. LAMARIZK adalah perusahaan PT.LAMARIZK PRIMA SEJAHTERA
    2. Kode Etik adalah suatu tatanan atau aturan yang mengikat dan menjadi pedoman bagi Mitra Usaha dalam menjalankan usaha di LAMARIZK sejak Mitra Usaha tersebut tercatat secara resmi sebagai Mitra Usaha LAMARIZK.
    3. Mitra Usaha adalah individu yang telah mendaftarkan keanggotaanya dengan cara melakukan registrasi/pendaftaran yang telah disiapkan oleh perusahaan maupun melalui Agen yang telah ditunjuk oleh perusahaan,
    4. Mitra Usaha Get Mitra Usaha adalah program referral bagi para Mitra Usaha dalam memperkenalkan bisnis LAMARIZK kepada calon Mitra Usaha lainnya
    5. Smart Mitra Usaha adalah Mitra Usaha yang telah mensponsori Mitra Usaha baru lain nya
    6. Konsumen adalah pembeli produk-produk LAMARIZK yang akan dipakai sendiri
    7. Nomor Anggota adalah nomor yang diberikan oleh perusahaan kepada Mitra Usaha sebagai bukti keanggotaan dan digunakan sebagai alat untuk berhubungan dengan perusahaan, Mitra Usaha serta konsumen dalam menjalankan aktifitas bisnis LAMARIZK
    8. Stater Kit adalah alat dan atau panduan dalam menjalankan bisnis LAMARIZK yang berisi buku panduan, brosur produk, daftar harga, dll, yang diberikan oleh perusahaan kepada Mitra Usaha baru
    9. Produk adalah barang-barang  dan jasa yang dipasarkan oleh perusahaan kepada para konsumen dan atau Mitra Usaha

BAB II 
MITRA USAHA

Pasal 1 
Syarat Keanggotaan Mitra Usaha
  1. Setiap orang tanpa membedakan suku, ras, agama, jenis kelamin mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi Mitra Usaha LAMARIZK sepanjang memenuhi persyaratan-persyaratan yang ditetapkan perusahaan.
  2. Syarat-syarat untuk menjadi seorang Mitra Usaha harus memenuhi setidak-tidaknya persyaratan sebagai berikut :
    • Perorangan, berusia minimal 18 tahun atau telah menikah
    • Tidak cacat mental, di bawah perwalian/pengampuan
  3. Melakukan registrasi/pendaftaran menjadi Agen dan membayar minimal paket belanja perdana yang ditetapkan oleh perusahaan sebagai pembelian paket produk yang telah disediakan.
  4. Dengan mengisi dan melengkapi form registrasi/pendaftaran Mitra Usaha berarti Mitra Usaha tersebut bertanggung jawab atas kebenaran isi data diri dan keterangan yang tercantum di dalam Form registrasi/pendaftaran Mitra Usaha dan perusahaan dibebaskan dari tanggung jawab atas kebenaran isi form registrasi/pendaftaran tersebut.
  5. Sejak diisi dan dilengkapinya form registrasi/pendaftaran Mitra Usaha berarti ia mengikatkan diri dan menundukkan diri terhadap semua ketentuan Kode Etik dan ketentuan-ketentuan lainnya yang akan ditetapkan oleh perusahaan tanpa diperlukan lagi perjanjian lainnya.
 
Pasal 2
Status Mitra Usaha
  1. Mitra Usaha bukan merupakan pegawai ataupun kelompok dalam usaha patungan dari Perusahaan, akan tetapi sebagai pribadi yang independen, oleh karena itu Mitra Usaha tidak boleh mengklaim atau bertindak sebagai karyawan seolah-olah mempunyai hubungan kerja secara struktural dengan Perusahaan, tindakan keras akan dilakukan kepada siapa saja yang melanggar aturan ini.
  2. Mitra Usaha tidak mempunyai jam kerja dengan Perusahaan dan tidak akan/berhak menuntut Perusahaan untuk memberikan tunjangan atau mendapat tunjangan dari Perusahaan dalam bentuk apapun juga.
  3. Mitra Usaha tidak dapat mencampuri kebijaksanaan managemen perusahaan dan karena itu Mitra Usaha tidak terikat kepada ketentuan-ketentuan internal perusahaan.
  4. seorang Mitra Usaha bertanggung jawab terhadap keputusan bisnisnya dan pengeluarannya sendiri
  5. Semua produk-produk Perusahaan telah didaftarkan di instansi yang berwenang baik Merek, Logo, maupun Hak Ciptanya, maka Mitra Usaha dilarang keras menggunakan nama, logo, lambang, alamat, apalagi untuk memproduksi, menjual atau mengusahakan dari sumber lain produk-produk Perusahaan maupun alat bantu produksi sebelum terlebih dahulu diijinkan secara tertulis oleh Perusahaan, sehingga dapat memberi kesan Agen tersebut sebagai pegawai/staff atau wakil, atau bertindak untuk dan atas nama Perusahaan.
  6. Seorang Mitra Usaha dapat diberhentikan keanggotaannya atau dicabut statusnya sebagai Mitra Usaha oleh perusahaan secara sepihak apabila Mitra Usaha yang bersangkutan secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam tindakan indisipliner dan atau melanggar kode etik perusahaan.
 
Pasal 3
Pernyataan Mitra Usaha
  1. Semua informasi pribadi yang saya cantumkan pada saat registrasi adalah benar sesuai dengan data-data pribadi yang valid dan akan menginformasikan hal yang sama kepada semua Mitra Usaha yang ada dijaringan saya.
  2. Akan mengikuti semua prosedur yang ditetapkan Perusahaan baik dalam hal operasional ataupun yang berhubungan dengan pemasaran.
  3. Akan bersikap sopan, menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi kejujuran, integritas serta tidak memihak dalam melaksanakan usaha ketika saya bertindak sebagai Mitra Usaha.
  4. Akan mengikuti seluruh peraturan dan kondisi yang ada sejak pendaftaran sebagai Mitra Usaha serta akan menjelaskan hal ini dengan detail kepada semua Mitra Usaha yang ada dijaringan saya.
  5. Tidak akan bertindak untuk dan atas nama perusahaan, mewakili perusahaan melakukan pengikatan hukum dengan pihak lain atau mewakili seolah-olah dirinya adalah wakil dari perusahaan
  6. tidak akan menggunakan nama dagang, desain, logo, etiket LAMARIZK baik sebagian maupun seluruhnya tanpa izin dari perusahaan secara tertulis.
  7. Tidak akan mempengaruhi Mitra Usaha dari jaringan lain untuk masuk kedalam satu jaringan keMitra Usahaan tertentu
  8. Tidak akan melakukan tindakan mencela, menghina, mengancam Mitra Usaha lain.
  9. Tidak akan memberikan keterangan berdasarkan asumsi pribadi terhadap semua produk- produk dan atau marketing plan yang sudah ditetapkan Perusahaan.
  10. Tidak akan menggunakan jaringan kerja di LAMARIZK untuk pemasaran produk-produk direct selling atau multi level lain.
  11. Tidak akan mengganti kemasan produk ataupun mengurangi/menambah jumlah/isi dari paket produk resmi yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  12. Tidak akan mengurangi/menambah kompensasi program diluar yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  13. Tidak akan menjual produk dibawah harga yang sudah ditetapkan resmi oleh perusahaan.
  14. Tidak akan memberikan iming-iming penambahan hak usaha.
  15. Tidak akan melakukan tindakan atau perbuatan yang bertentangan dengan hukum yang berlaku yang secara langsung atau tidak langsung akan membawa pengaruh negatif kepada perusahaan.
  16. Untuk point 5 sampai dengan 15, apabila itu tetap saya jalankan dan dilaporkan secara tertulis dengan bukti yang cukup oleh Mitra Usaha lain, maka perusahaan berhak menjatuhkan Surat Peringatan. Apabila surat peringatan tersebut diabaikan, maka perusahaan berhak untuk menghapus keanggotaan Mitra Usaha saya dari perusahaan.
 
Pasal 4
Hak Mitra Usaha
  1. Mitra Usaha berhak memasarkan produk LAMARIZK
  2. Mitra Usaha berhak mensponsori Mitra Usaha baru lain nya, dimana saja sepanjang tidak melanggar kode etik dan peraturan yang telah ditetapkan perusahaan
  3. Mitra Usaha berhak mendapatkan penjelasan dan informasi yang memadai dari perusahaan mengenai produk-produk LAMARIZK
  4. Mitra Usaha berhak mendapatkan pelatihan, bimbingan, pengarahan tentang marketing plan baik dari perusahaan maupun dari sponsornya
  5. Mitra Usaha berhak mendapatkan imbalan finansial berupa bonus dari perusahaan atas aktivitas penjualannya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
 
Pasal 5
Kewajiban Mitra Usaha
  1. Mitra Usaha berkewajiban untuk mengisi data keanggotaan dengan baik dan benar.
  2. Mitra Usaha berkewajiban untuk mematuhi segala peraturan yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  3. Mitra Usaha berkewajiban untuk menjelaskan dengan benar kepada calon Mitra Usaha yang direferensikan bekenaan dengan rencana pemasaran, kompensasi atau sistem bonus yang telah ditetapkan oleh perusahaan.
  4. Mitra Usaha berkewajiban untuk menjelaskan dengan benar tentang keunggulan-keunggulan produk LAMARIZK kepada para calon Mitra Usaha dan atau pada calon konsumen nya.
  5. Mitra Usaha berkewajiban untuk memberi pelatihan, pengetahuan dan membantu kesuksesan kepada para Mitra Usaha yang ada dalam group penjualan nya
  6. Mitra Usaha berkewajiban untuk terus menerus belajar, mengikuti seminar-seminar yang dianjurkan, dengan disiplin dan semangat yang tinggi.
  7. Mitra Usaha berkewajiban untuk memberikan pelayanan yang terbaik demi kepuasan pelanggan.
  8. Mitra Usaha berkewajiban untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di jaringan organisasi/group usaha nya.
 
Pasal 6
Perubahan Data Keanggotaan Mitra Usaha
  1. Semua data Mitra Usaha yang diterima perusahaan akan menjadi milik perusahaan sepenuhnya, sehingga perusahaan tidak mempunyai kewajiban apapun terhadap Mitra Usaha atau pihak manapun di dalam menggunakan data diri tersebut.
  2. Perusahaan hanya mengakui data Mitra Usaha sesuai dengan data yang tercantum pada Form registrasi/pendaftaran Mitra Usaha, kecuali terdapat perubahan yang telah disampaikan pada
  3. Perubahan informasi keanggotaan dimungkinkan dengan cara menghubungi bagian customer service Perusahaan, melalui email ataupun media tertulis lainnya. Adapun hal-hal yang bisa diajukan perubahan adalah alamat pengiriman, nomor rekening, nomor telepon dan alamat email. Diluar dari apa yang ditetapkan diatas perubahan data tidak bisa dilakukan.

BAB III 
SPONSORSHIP

Pasal 1
Pensponsoran Mitra Usaha Baru
  1. Dalam melakukan pensponsoran, Mitra Usaha harus memperhatikan peraturan Kode Etik ini serta kaidah-kaidah yang berlaku di perusahaan.
  2. Dalam melakukan pensponsoran, Mitra Usaha tidak diperkenankan merebut calon Mitra Usaha yang telah memiliki sponsor, mensponsori Mitra Usaha- Mitra Usaha yang keanggotaannya masih berlaku/ aktif.
  3. Mitra Usaha yang melakukan pensponsoran dilarang memberikan keterangan yang menyesatkan kepada calon Mitra Usaha.
  4. Mitra Usaha yang melakukan pensponsoran wajib melakukan bimbingan, pelatihan, motivasi, dan penjelasan yang benar terhadap Mitra Usaha yang disponsori.
 
Pasal 2
Perselisihan Antar Sponsor
  1. Perusahaan tidak akan menengahi perselisihan apapun yang berasal dari satu atau beberapa individu yang menghubungi calon Mitra Usaha yang sama. Perusahaan hanya akan mengakui atas aplikasi keanggotaan yang lebih dulu melakukan registrasi/pendaftaran melalui online di web perusahaan.
  2. Perusahaan akan mengambil tindakan tegas apabila Mitra Usaha mensponsori seorang Mitra Usaha yang sudah menjadi Mitra Usaha pada jaringan/ group lain berupa surat teguran, pemberian sanksi sampai dengan pencabutan status keanggotaan

BAB IV 
MEDIA ONLINE

Pasal 1
Website LAMARIZK
  1. Setiap Mitra Usaha akan mendapatkan akses ke Website LAMARIZK atas nama Mitra Usaha tersebut
  2. Setiap Mitra Usaha bertanggung jawab menjaga kerahasiaan login member yaitu username dan passwordnya
  3. Mitra Usaha tidak diijinkan menambah, merubah isi materi website perusahaan dengan alasan apapun, tanpa persetujuan tertulis dari perusahaan.

 

Pasal 2
Etika Penggunaan Media Online
  1. Mitra Usaha dilarang keras untuk memasang link situs apapun tanpa mendapat persetujuan dari perusahaan
  2. Mitra Usaha dilarang untuk memasang penawaran yang menjual atau mencari barang atau jasa yang bertentangan dengan hukum yang berlaku di Indonesia (Narkoba, Senjata Api dan Obat-obatan Terlarang) dan hal-hal yang berhubungan dengan SARA.
  3. Mitra Usaha dilarang untuk memposting gambar/foto yang melanggar hak cipta yang terdaftar secara hukum, paten, merek dagang maupun hak cipta intelektual dari pihak lain.
  4. Mitra Usaha dilarang memposting materi atau link yang berisikan: Bisnis Online, Program Mitra Usaha, Program Affiliate atau Program Multilevel lainnya selalin apa yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  5. Mitra Usaha dilarang keras untuk memposting dengan kata-kata tanpa kerja dapat uang, duduk diam manis dapat uang atau sejenisnya yang menggunakan kata-kata memikat karena sukses hanya bisa diraih dengan kerja keras, sukses membutuhkan proses waktu, modal, kejujuran dan integritas.
  6. Mitra Usaha dilarang untuk memposting materi dengan menggunakan kata-kata atau gambar maupun penulisan yang sifatnya menyerang, mencemarkan individu maupun kelompok tertentu, mengandung SARA, politik, kasar, kotor atau yang terdapat unsur pornografi atau berisi link ke situs porno dan perjudian.
  7. Mitra Usaha dilarang memalsukan, menutupi dan memanipulasi identitas profile atau materi penawaran yang mengarah kepada tindakan penipuan atau tindakan lainnya yang dapat merugikan pihak lain.
  8. Mitra Usaha dilarang untuk menyalahgunakan fasilitas-fasilitas yang disediakan perusahaan untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan Mitra Usaha lain, pengunjung, ataupun pengelola situs perusahaan.
  9. Penggunaan seluruh fasilitas perusahaan oleh Mitra Usaha adalah sepenuhnya merupakan tanggung jawab dan resiko Mitra Usaha. Penyalahgunaan fasilitas, pembobolan, pencurian data atau usaha apapun untuk menembus jaringan system perusahaan merupakan tindakan yang melanggar hukum.
  10. Hak cipta dilindungi undang-undang yang berlaku. Dilarang mengutip/menyalin sebagian atau seluruh isi yang terdapat di dalam situs perusahaan kedalam bentuk apapun dan untuk kepentingan apapun tanpa ijin dari pengelola situs.
  11. Segala pelanggaran terhadap semua peraturan tersebut diatas  maka akan dikenakan Sanksi berupa Surat Peringatan. Apabila terbukti peringatan tersebut diabaikan maka perusahaan berhak menghapus keanggotaan member yang bersangkutan tanpa terkecuali.

BAB V 
PENUTUP

  1. Kode Etik ini berlaku hanya untuk usaha penjualan berjenjang di lingkungan Perusahaan di seluruh wilayah Republik Indonesia dan mulai berlaku sejak 01 Mei 2022 sampai ditentukan kemudian.
  2. Seluruh Mitra Usaha wajib mematuhi Kode Etik ini.
  3. Kode Etik ini hanya berisi aturan-aturan pokok, sedangkan secara khusus pelaksanaan Kode Etik ini akan diatur di dalam peraturan tersendiri.
  4. Perusahaan berhak sewaktu-waktu melakukan perubahan/perbaikan pembaharuan Kode Etik ini apabila dianggap perlu tanpa pemberitahuan dan meminta persetujuan dari pihak manapun.
  5. Bila perusahaan melakukan perubahan/ perbaikan/ pembaharuan Kode Etik, maka yang dinyatakan sah dan berlaku adalah Kode Etik yang paling terakhir yang dikeluarkan/ diterbitkan oleh perusahaan.

Kode Etik Mitra Usaha LAMARIZK dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya.